Jenis Suara Kenari dan Tips Memeliharanya

Suara kenari dikenal sebagai suara burung yang paling merdu di dunia. Suara dari burung kenari terkenal gacor dan indah. Ada beberapa jenis dari suara burung kenari yag terkenal saat ini. Pertama, ada suara jenis F1 yang merupakan hasil persilangan dari kenari lokal dengan jenis kenari asli yang lainnya. Selain itu, ada juga suara jenis gloster yang memiliki kicauan super dan panjang. Kicauan gloster berasal dari ciri morfologi kenari yang kecil. Sehingga, suara yang melengking mampu dikeluarkan oleh kenari ini. Untuk mendapatkan kenari dengan suara yang ngerol panjang dan merdu, diperlukan cara pemasteran yang tepat. Pemasteran tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan burung masteran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan MP3 suara burung kenari dengan kualitas terbaik sebagai masteran.

Agar kenari mampu mengeluarkan suara terbaiknya, Anda harus melakukan perawatan dan pelatihan yang kontinu. Berikut adalah beberapa tips dalam memelihara kenari yang tepat :

  1. Memberikan Pakan dan Minum yang Tepat

Burung kenari termasuk burung yang sedikit makan tetapi membutuhkan banyak minum. Untuk makanan dari burung kenari sendiri adalah biji-bijian. Selalu sajikan biji-bijian yang segar dan berkualitas agar kenari selalu sehat dan bersemangat dalam berkicau. Jangan sampai lupa untuk menyediakan minuman yang banyak. Kenari akan terkena dampak yang fatal apabila Anda membiarkannya kehabisan minum.

  1. Perhatikan Kebersihan Kandang

Usahakan untuk membersihkan kandang kenari setidaknya satu kali dalam sehari. Kandang yang kotor dikhawatirkan mengundang penyakit yang bisa menyerang kenari kesayangan Anda. Jika kenari penyakitan, tentu akan menghambat latihannya dalam berkicau.

  1. Pemasteran yang Tepat

Pemasteran kenari memang harus dilakukan secara kontinu. Tetapi, jangan paksakan kenari untuk terus berlatih dengan istirahat yang kurang. Jika Anda terlalu memaksanya, kenari akan menjadi cepat lelah dan tidak mampu menangkap suara masteran dengan baik. Pagi sebelum subuh dan sore setelah maghrib merupakan waktu terbaik untuk melakukan pemasteran kepada kenari.

 

Berbagai cara di atas perlu dilakukan dengan telaten untuk menghasilkan suara terbaik dari kenari. Dengan begitu, kenari kesayangan Anda siap untuk bersaing merebut juara dalam berbagai perlombaan yang diikuti.