Cara Tepat untuk Atasi Kecemasan pada Anak

Anak-anak akan mudah merasa cemas, sehingga sangat penting keberadaan Anda di dekatnya. Info parenting cara untuk mengatasi kecemasan pada anak ini perlu diketahui agar Anda bisa mengontrol anak dengan baik. Ini yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

  1. Pendengar Yang Baik

Anak membutuhkan Anda untuk menjadi pendengar baik dalam mendengarkan berbagai kecemasan yang dimilikinya. Kedekatan yang sudah terjalin dengan anak tentu tidak sulit untuk Anda mengetahui kondisi hatinya yang sedang cemas. Tanyakanlah hal apa yang membuat anak merasa cemas dan berikan celah agar anak mau bercerita.

Tanyakan secara perlahan-lahan agar anak tidak merasa dipaksa. Saat anak mulai menceritakan kecemasannya, jadilah pendengar yang baik. Dengarkan seluruh ceitanya sampai selesai, setelahnya baru berikan tanggapan secara pelan-pelan. Ini akan membuat anak Anda merasa dipahami oleh orang tuanya.

  1. Beri Pelukan

Anak-anak yang merasa cemas memerlukan Anda untuk melindunginya. Berikan pelukan kepada anak dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengatasi kecemasannya. Anak akan merasa lebih tenang dengan keberadaan Anda di dekatnya. Jika tidak dengan memeluk, paling tidak memegang kepalanya atau pun bahunya. Buat anak merasa disayangi dan dilindungi.

  1. Bicara dengan Lembut

Anda perlu tahu untuk mengatasi kecemasan pada anak bisa dengan menerapkan info parenting berbicara secara lembut. Terkadang kecemasan anak tidak datang dari luar, tetapi dari kondisi di dalam rumah. Misalnya saja ketika anak mendapatkan nilai yang jelek akan ada kecemasan untuk memberi tahu Anda.

Hal inilah yang membuat Anda penting untuk berbicara dengan lembut. Jangan mengeluarkan bentakan atau pun nada tinggi pada anak yang akan membuat terjadinya kecemasan permanen. Berbicara dengan lembut kepada anak akan membuatnya dapat lebih mudah berkata jujur atas kejadian yang terjadi.

  1. Membantu Mengatasinya

Kecemasan pada anak tentu terjadi karena adanya masalah yang diterimanya. Setelah langkah di atas, Anda tentu sudah bisa mendapatkan informasi hal apa yang membuat anak merasa cemas. Setelah menjadi pendengar yang baik, saatnya untuk membantu anak mengatasi masalah yang membuatnya merasa cemas.

Pastikan dan yakinkan anak setiap masalah bisa selesai. Buatlah anak paham bahwa menyimpan kecemasan sendirian tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan psikologisnya. Anda bisa membantunya mencari jalan keluar, namun tetap anaklah yang berperan untuk menyelesaikan masalahnya.

Jangan sampai Anda bersikap berlebihan sampai memanjakannya. Berikan juga hiburan kepada anak agar tidak merasa terlalu tegang dengan kecemasan yang sedang dihadapi. Saat seperti ini Anda harus bisa bersikap sebagai seorang teman baik untuknya.

Info parenting ini tentu saja tidak sulit untuk diterapkan. Hanya meminta waktu yang lebih saja dari aktivitas Anda. Berikanlah perhatian yang cukup kepada anak agar psikologisnya dapat tetap dalam kondisi yang aman. Penting untuk memahami bahwa kasih sayang adalah hal yang utama dibanding apapun.