Belajar Php Pdo Bagi Pemula

PHP Data Objects atau PDO adalah ekstensi PHP5 yang menyediakan sistem manajemen basis data relasional ringan (RDMBS) koneksi perpustakaan abstrak. PDO menyediakan antarmuka terpadu untuk bekerja dengan berbagai RDBMS termasuk membuat koneksi database, melakukan kueri, menangani kesalahan, dll. Mengingat pentingnya fungsi diatas, maka belajar php pdo menjadi salah satu hal yang penting.

PDO bergantung pada driver khusus database misalnya, PDO_MYSQL untuk MySQL, PDO_PGSQL untuk PostgreSQL, PDO_OCI untuk Oracle, dll, agar berfungsi dengan baik sehingga menggunakan PDO untuk database tertentu, Anda harus memiliki driver database yang sesuai yang tersedia. Dengan ini, belajar php akan menjadi lebih mudah.

Pustaka PDO

Ada beberapa pustaka yang menyediakan fungsi yang sama seperti PDO seperti paket PEAR DB dan pustaka ADOdb. Namun, pustaka tersebut ditulis dalam PHP, sementara PDO dikembangkan dalam C / C ++ yang membuatnya bekerja lebih cepat.

Selain itu, PDO tidak mengharuskan Anda menyertakan file skrip dalam aplikasi Anda seperti pustaka lain, yang membantu mendistribusikan dan menginstal aplikasi lebih mudah dan lebih cepat.

Memulai Menggunakan PDO

Bagian ini menunjukkan kepada Anda langkah demi langkah cara menghubungkan ke beberapa sistem manajemen basis data relasional termasuk MySQL, PostgreSQL, dan Oracle.

  • Menghubungkan ke MySQL – memandu Anda langkah demi langkah cara menyambung ke database MySQL menggunakan PDO.
  • Menghubungkan ke PostgreSQL – menunjukkan cara untuk terhubung ke database PostgreSQL menggunakan PDO.
  • Menghubungkan ke Oracle – menghubungkan ke database Oracle menggunakan PDO.

Operasi Dasar PDO

Bagian ini mengilustrasikan beberapa operasi umum yang sering Anda kerjakan dengan basis data termasuk:

  • Membuat tabel baru – menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan PDO API untuk membuat tabel untuk database sampel karyawan.
  • Querying data dengan mode pengambilan yang berbeda – memandu Anda bagaimana melakukan kueri data dari tabel basis data dengan mode pengambilan yang berbeda.
  • Memasukkan data ke dalam tabel – memandu Anda melalui langkah-langkah memasukkan data ke dalam tabel basis data.
  • Memperbarui data – menunjukkan kepada Anda cara memperbarui data dalam tabel basis data menggunakan PDO API.
  • Menghapus data – memandu Anda cara menghapus data dalam tabel basis data menggunakan PDO API.

PDO & Prosedur Tersimpan

Bagian ini menunjukkan beberapa contoh cara menangani prosedur tersimpan termasuk:

  • Memanggil prosedur yang tersimpan.
  • Mendapatkan kembali nilai dari prosedur tersimpan.

Transaksi PDO

PDO memberi Anda beberapa metode yang berguna termasuk PDO :: beginTransaction (), PDO :: commit () dan PDO :: rollBack () yang menangani transaksi secara efektif. Bagian ini memberi Anda contoh penanganan transaksi dalam aplikasi web Anda.