Beberapa Jenis Umpan Mancing Di Laut

Jenis umpan mancing di laut tentunya juga berbeda dengan umpan mancing ikan di air tawar. Tentunya karena kondisi airnya dan jenis ikannya pun yang berbeda. Umpan bisa dikatakan juga sebagai amunisi. Tanpa amunisi yang jitu tentunya memancingpun tidak akan sukses mendapatkan ikan dan menaklukannya ke permukaan. Fungsi umpan antara lain adalah memikat agar ikan –ikan bisa terkait pada mata pancing. Cara menarik perhatiannya ikan ke pancingan kita dipengaruhi oleh rangsangan berupa bau, rasa, bentuk, dan juga gerakan dan warna. Kali ini kami akan bahas tentang jenis –jenis umpan mancing di laut.

Untuk umpan mancing dilaut memiliki tiga jenis, yaitu :

  • Umpan palsu atau umpan tiruan, adalah umpan yang terbuat dar plastic atau bulu binatang dan fungsinya adalah tak lain dan tak bukan yaitu untuk mengelabuhi. Biasanya umpan ini memiliki warna yang cerah sehingga mampu menjadi daya tarik dan perhatian si ikan, karena umpan ini adalah tiruan, biasanya berbentuk seperti ikan keci atau cumi –cumi.
  • Umpan hidup. Dari namanya saja umpan hidup, berarti adalah umpan yang hidup. Umpannya yaitu ikan –ikan hidup seperti ikan kembung atau ikan banyar. Ikan hidup seperti ini banyak dijual di nelayan –nelayan sekitar dan biasanya mereka pakai juga untuk menangkap ikan. Ikan hidup yang ditancapkan di mata pancing akan bergerak kesana kemari di laut tentunya bisa menarik perhatian ikan besar yang akan memangsa umpan hidup ini. tekhnik ini biasanya disebut dengan tekhnik “ngoncer”
  • Umpan mati, selanjutnya adalah umpan mati atau umpan yang tak hidup. Umpan berupa ikan, cumi –cumi, udang, atau cacing laut yang sudah mati atau tak bernyawa. Biasanya umpan mati ini dipotong tergantung jenis dan ukuran mata pancing dan tergantung untuk memancing ikan apa.

 

Berikut di atas adalah 3 jenis umpan mancing yang banyak digunakan oleh pemancing untuk mendapatkan ikan. Ketiga jenis umpan ini biasanya digunakan sesuai jenis ikan yang akan dipancing, kondisi laut dan tergantung dari situasi dan kondisi.